Pengalaman Check In Hotel Jam 12 Malam

cara.jumanto.net – Pengalaman Check In Hotel Jam 12 Malam. Jika kita melakukan perjalanan ke luar kota, biasanya memerlukan akomodasi untuk menginap entah itu villa, cottage, homestay, guest house, penginapan maupun hotel.

Pada umumnya hotel punya ketentuan sama mengenai jam check ini, yaitu dibuka mulai dari jam 14.00 siang, dan check out paling lambat jam 12.00 siang keesokan harinya.

Misalkan saya melakukan check in tanggal 25 jam 14.00, lalu check out jam 12.00 di tanggal 26, itu saya dianggap menginap selama semalam dan harus bayar hotel penuh.

Check In Hotel Jam 12 Malam Check Out Jam Berapa?

Seperti saya sebutkan di atas, waktu check in hotel itu mayoritas dibuka mulai dari pukul 14.00 siang hari. Di bawah ini, banyak hotel yang menolak.

Namun, jika ada kamar kosong dan sudah siap ditempati, sebagian hotel masih ada yang longgar kebijakannya sehingga tamu bisa early check in hotel tanpa dikenakan charge.

Sementara sebagian hotel mengenakan charge jika tamu melakukan early check in.

Adapun batas maksimal check in, itu tidak ditentukan. Dengan demikian, kamu bisa saja check in hotel di jam 12, bahkan jam 3 pagi.

GUNAKAN PROMO INI SEBELUM KEHABISAN ....

Jika check out di jam tersebut, waktu check outnya tetap jam 12.00 siang ya. Meskipun hanya menginap dari jam 12.00 malam sampai 12.00 siang (12 jam), tarif penuh tetap diberlakukan.

Jadi, hotel tetap tidak akan rugi jika kamu telat check in karena yang kamu bayar itu penuh selama semalam.

Baca juga: check in hotel jam 7 pagi check out jam berapa.

Tidak Semua Hotel Bisa Check In Tengah Malam

tidak semua hotel bisa check in jam 12 malam atau dini hari
tidak semua hotel bisa check tengah malam

Perlu kamu ketahui, bahwa tidak semua penginapan itu menerima check in di tengah malam, apalagi sampai pagi dini hari.

Alasannya simple: beberapa penginapan tidak dilengkapi dengan penjaga 24 jam.

Tipe penginapan yang seperti ini biasanya berlaku untuk homestay, guest house, dan hotel melati dengan tarif murah dan pelayanan yang tidak terlalu bagus.

Banyak tipe penginapan seperti itu, penjaganya hanya stand by sampai jam tertentu, misalkan jam 23.00. Di atas itu, check in akan ditolak.

Oleh karena itu, jika kamu pesan penginapan lewat aplikasi, terutama untuk hotel kelas melati dan sejenisnya, pastikan bisa check in tengah malam jika memang sampai di tempat malam hari.

Biasanya dideclare kok di situ, waktu check in sampai jam berapa. Saya sering baca kalau pas lagi pesan penginapan di aplikasi booking tiket.

Baca juga: boarding time artinya.

Pengalaman Check In Hotel Jam 12 Malam

Untuk hotel-hotel besar yang terkenal, itu biasanya bisa check in hotel jam berapa pun, baik siang, malam, dini hari hingga subuh tetap diterima.

Kenapa kok bisa gitu?

Karena resepsionis mereka itu stand by 24 jam, tentunya dengan sistem shift kerjanya.

Nah, saya sendiri beberapa kali punya pengalaman check in hotel tengah malam, pernah juga jam setengah 1 malam.

Misalkan saat menginap di Luminor Hotel Pecenongan, sampai hotel di atas jam 12, dan kami tetap diterima check in.

Demikian juga saat menginap di Hotel Horison Bhuvana Ciawi Bogor, kami juga dapat dengan mudah check in tengah malam.

Mereka tetap melayani kami dengan sopan, menyiapkan berkas yang harus kami tandatangani, memfotokopi KTP, hingga memberikan kunci kamar dengan senyuman di wajah.

Jadi tipsnya sih, kalau kamu naik kereta baru sampai tengah malam, atau bahkan dini hari, cari hotel yang sudah terkenal. Atau pastikan di aplikasi pemesanan tidak ada pembatasan jam check in.

Baca juga: boarding pesawat artinya.

Kesimpulan

Check in hotel dimulai dari jam 14.00 siang dan biasanya tidak dibatasi waktunya sampai jam berapa, kecuali untuk tipe penginapan homestay, guesthouse, dan hotel melati.

Dengan demikian kamu bisa dengan mudah masuk hotel tengah malam.

Demikian pengalaman check in hotel jam 12 malam yang beberapa kali saya lakukan. Baca juga: apakah bisa naik pesawat pakai fotokopi ktp.